Konsistensi Sebuah Layanan

Minggu ini saya berkesempatan mengikuti sebuah benchmarking layanan yang diselenggarakan oleh Customer Service ATPM sepeda Motor Honda AHM di Surabaya,dan dibawalah kami ke salah satu Dealer yang sudah masuk kategori Caring menurut proses assesement yang telah dilakukan oleh Team AHM dan Miandealer MPM Surabaya.Dimana kategori caring yang dimaksud adlah rangkaian proses layanan yang diberikan kepada konsumenya sudah benar2 sesuai dengn standart yang telah ditetapkan,termasuk dalam proses layanan,people,serta placenya
Dealer Eka kurnia jaya yang beralamat di Jl. Ahmad yani Surabaya menjadi dua kategori Dealer Caring AHM.
Namun kalo berbicara secara keseluruhan tentang Dealer caring mungkin tulisanya gak bakalan ada yang ngebaca kali yah,,apalagi web ane nich juga masih amatiran dan belum ada yang pada ngerti. Tapi tetep semangat Coy.. sapa tau suatu saat akan menjadi seorang bloger sukses amin.
Ibu Nuke ,itu biasa dipanggilnya,seorang outsorching dealer Eka Kurnia jaya Surabaya menarik perhatian dan membuat saya semakin ingin berdiskusi dengan beliau.Kalo secara usia,saya prediksikan beliau udah kepala 4 alias 40 tahunan,Bukan usia muda menurut saya bagi seorang karyawan salah satu Dealer .
Dan yang menjadi perhatian saya lebih adalah ketika saya mengamati perilaku pelayanan yang dia berikan kepada konsumen yang datang ingin membeli spare part di dealer tersebut,tidak pernah lupa meskipun dalam kondisi rieweh untuk mengucapakn salam alias greeting awal dan akhirnya yaitu: “Salam satu Hati”
Dan suatu saat saya iseng nanya-nanya mengenai lokasi outlet /stand penjualan Brownies Amanda yang terkenal itu,itung-itung mempermudah ntar kalo saya sudah mau pulang ke jayapura ngebelinya gak ribet-ribet ngegoogle dan lainya.Alhasil Mbak Nuke yang akrab disapa langsung ngejawab dengan semangatnya:”Mas Samsul kapan balik jayapura?aku telponin ke 003…( kalo nggak salah yah ..heee.. )nanyain nomer telpnya ,,dan apa yang terjadi,beginilah kalimatnya saat dia nelpon:” salam satu hati selamat siang perkenalkan saya nuke dari PT. Eka Jaya Kurnia Surabaya,minta bantuanya nomernya Toko Brownies Amanda Mbak!”
Luar Biasa saya langsung terperanjat dan langsung bilang ama salah satu temenya “Mida”,,”Mida emang Mbak Nuke kesiapapun greeting awal dan akhirnya pake salam satu hati?”dan Mida menjawab dengan antusias: “ Iya mas.. jangankan toko brownies Amanda,suaminya aja kalo nelpon itu salamnya satu hati,bahkan pernah suaminya complain kok ama suami pake salam begituannnnn..”
Luar biasa,itulah sebuah kata yang terucap dari bbir dan hati saya,seorang karyawan outsorching melakukan sebuah standart layanan yang diawali dengan greeting nya deangan sangat konsisten,dan patut diacungin jempol Brow.
Bayangkan jika semua Dealer sepeda Motor karyawanya semua konsisten seperti Mbak Nuke,bisa –bisa market Sepeda Motor di Indonesia akan meningkat 100 % dalam itungan bulan,minggu bahkan hari.Dan akhirnya saya teringat sebuah biografi seorang marketing sukses yang mampu menjual mobil 12.000 Unit dalam kurun waktu 12 tahun secara retail yaitu: Mbah Joe Girad.hemmm…bisa nggak yah? bisa-pula densitas Sepeda Motor di Indonesia bukan lagi tertinggi di Asean melainkan Dunia,,udah siap belum Pak JOKO WODODO untuk menyambut era ini dengan memperbaiki segala infrastruktur Indonesia yang terbilang terburuk di dunia.
Yo weslah.semoga para pemberi jasa khususnya Sepeda Motor di Indonesia konsisten dalam memberikan pelayanan kepada konsumen mereka masing-masing,bukan hanya Front linernya doang,tapi tentunya backoffice maupun setingkat Top mangement juga lah yaw..
Bravo Layanan Indonesia menuju Indonesia yang care dan beradap

Iklan

Tentang samsul maarif

Berubah kali ini
Pos ini dipublikasikan di Otomotive dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s