Entrop ku Bau Sampah

Kodratnya manusia kali yah,kalo denger sampah dibenak bawah sadarnya langsung kesundul aroma busuk,kemudian otak kananya langsung memvisualisasikan lalat yang beterbangan,babi yang sedang korek- korek sambil bungi “krokkkk”..jijik banget. Itulah !!

Tapi gimana jika ada sistem yang maampu mengolah nya menjadi bahan yang bermanfaat.itu baru sampah produktif.

Iseng-iseng jika mau mencoba benchmark di Kuala kencana Timika,Kota didalam hutan Timika Papua yang bebas sampah,tata kelola kota sangat asri ,serasi,sampah pun nyaris gak kelihatan menumpuk. Sangat ideal menjadi sebuah kota impian untuk Papua.

kuala-kencana

salah satu sudut Kuala Kencana Timika

Sangat bersih dan rapih kan yah?tapi jujur kadang pakdhe nggur iso ngimpi ,

20130425_0823402-1024x768

Nyaris Gak ada sampah kan?adem bangett mata memandang 

Kapan Seluruh sudut kota di Papua iso se rapih ini?. Kadang seh bertolak belakang dengan alam-alamnya Papua yang menjual ribuan Pesona,tapi kalo dah bicara titik sudut pinggiran distrik di Papua,dan sekitarnya RODO NGENESSSSSS tingkat dewa. !!!!

memang sih nggak bisa masrahin semua kepada DKP Jayapura,dan Pemkot di Papua ,harus ada kesadaran semua lini masyarakat menjaga alam dan lingkungan dengan baik.membuang sampah pada tempatnya,disiplin dan menghargai serta tenggangrasa.

Yang agak ngenes bingitss adalah sudut ENTROP-JAYAPURA SELATAN PAPUA,seperti sudah menjadi TPA BANTAR GEBANG aja.. mana enggak,udah hampir 3 bulan terakhir dari Pak dhe nulis artikel ini,sampah tertumpuk hingga menimbulkan bau yang AMAZING ,ngenes pollll.. kenapa dalam 3 bulan terkahir? enggak tau juga sih jawabnya. Tapi kalo dari analisa konyolnya Pak Dhe ,mungkin Pemkot & DKP Jayapura udah males ngurusin kebersihan kah dikarenakan masyarakat yang buang sampah gak sesuai ama jadwal buang sampah yang udah diatur ama peraturan pemerintah kota.Tapi yo mosok buang sampah nunggu sebulans sekali saaat truk sampahe datang sambil bunyiin #teloletom baru pada keluar lempar plastik isi belatung ?nggak lucu kan yah…

Ditambah lagi konsentrasinya menuju Pilkada Jayapura,makanya petugas DKP ikutan sibuk masak didapur kali yah?persiapan kampanye,makanya pada nggak mau ambilin sampah yang menumpuk hingga 2 bulan lebih . ORA LUCU… gaes.

img_20170105_123108

Salah satu sudut Distrik Entrop  penuh dengan sampah

img_20170105_123133

sampah menggunung 

Dua gambar diatas bukan gambar Tempat Pembuangan AKhir Sampah loh yah,Tapi jalan yang baru jadi di Cor tapi udah kayak kandang aja.sehhingga kalo pengguna jalan mau lewat kudu lewat mlipir-mlipir sampek pinggir.kejegur rugi loh yah.Hati2 aja. Ayolah Pak PLT Walikota ,jayapura dengarkan keluhan aroma warga Entrop Jayapura ini,jika mau ngelibatin kami warga ENtrop untuk masukin sampah ke Truk sampah DKP Jayapura sepertinya tidak keberatan kok.Tapi jangan biarkan kami menghirup aroma ini ,kalo kami sakit kami hanya karyawan gajian loh pak,nggak produktif iso-iso dipecat gara2 menghirup sampah yang setiaap hari . #keluhkesahkaummarginal.

kami butuh bantuan truk sampah.

Iklan

Tentang samsul maarif

Berubah kali ini
Pos ini dipublikasikan di Health, Petualangan, Sekitar Papua. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s